Website Design - Template layout Website

Thu 21 Jul, 2016

Website Design - Template layout Website

Mungkin sering dijumpai situs-situs yang menyediakan template baik secara gratis maupun berbayar. Bagi seorang pengguna awal, salah satu produk website ini akan menimbulkan berbagai macam pertanyaan seperti, apa itu template website?dan apa sebetulnya kegunaan dari template website ini?.

Web template terdiri dari kata web dan template. Dalam bidang ilmu komputer, arti kata template adalah :

Sebuah dokumen atau file yang memiliki format preset, digunakan sebagai titik awal untuk aplikasi tertentu sehingga format tidak harus diciptakan kembali setiap kali digunakan”.

Sedangkan arti kata web, Anda pasti sudah tahu!

Sedangkan pengertian web template itu sendiri dalam situs wikipedia disebutkan bahwa :

Web template merupakan komponen dasar dari suatu sistem template website yang memisahkan antara bagian konten dengan bagian presentasi dari suatu desain web. Web template digunakan untuk memproduksi dokumen web secara massal”.

Oke, itu definisinya, tapi saya masih belum mengerti apa sebenarnya web template itu....? Baiklah, penjelasan secara sederhana, sebuah template web sebenarnya berupa file-file HTML, CSS, dan Javascript yang berisi perintah-perintah desain halaman web seperti pengaturan tata letak teks dan gambar yang ditayangkan, jenis dan ukuran huruf yang digunakan untuk menampilkan teks, warna bakcground halaman web, dan sejenisnya.

Ketika Anda menggunakan web template, bagian bagian yang disediakan untuk menampilkan gambar dan teks pada file HTMLnya dapat Anda ganti dengan teks dan gambar milik Anda sendiri. Jumlah file HTML, CSS, dan Javascript dalam suatu web template sangat bervariasi. Suatu web template sederhana, biasanya terdiri dari satu file HTML, satu file CSS, dan ... kadang-kadang satu file Javascript. Plus file-file gambar yang digunakan dalam web template tersebut. Jika hanya terdiri dari satu file HTML berarti saya hanya memperoleh satu halaman web saja ? Memang betul,... tetapi Anda bisa menggandakan file HTML tersebut untuk membuat halaman web lainnya dari website yang sedang Anda buat!

Web template memudahkan kita untuk mengembangkan sendiri website yang diinginkan, bahkan jika kita tidak memiliki skill pemrograman web yang cukup. Ini bisa saja terjadi, karena banyak web template yang dibuat dengan tujuan dapat digunakan oleh orang yang awam tentang pemrograman web. Dengan bekal sedikit pengetahuan tentang bahasa web, dapatlah menggunakan web template untuk membuat sebuah website dengan tampilan yang menawan.

Dibalik Layar : Pemisahan Logika Bisnis dengan Logika Presentasi

Tujuan umum pengembang web berpengalaman adalah mengembangkan dan menyebarkan aplikasi web yang fleksibel dan mudah dipelihara. Untuk mencapai tujuan tersebut, website yang dibuat perlu mempertimbangkan hal ini

Memisahkan logika bisnis dari logika presentasi

Dalam bahasa sederhana, usaha ini akan memisahkan perintah-perintah pengaturan konten (table, frame HTML) dengan perintah-perintah untuk mengatur bagaimana konten tersebut tampil di browser (CSS). Disinilah web template akan berperan sebab web template dibuat berdasarkan konsep pemisahan tersebut. Pengembang menggunakan sistem web template untuk menjamin pemisahan ini.

Alasan penting yang mendasari pemisahan antara logika presentasi dengan logika bisnis adalah :

  • Bahasa presentasi (CSS) berbeda dengan bahasa bisnis (HTML, PHP)
  • Proses pembuatan aplikasi web mungkin terdiri dari pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan pada waktu dan lokasi terpisah. Bisa terjadi pembuatan desain web dilakukan oleh orang dan tempat yang berbeda dengan pembuatan konten web.
  • Setiap ahli web memiliki keahlian yang berbeda. Tidak mungkin seseorang menguasai secara total semua bidang keahlian web (desainer, programer, database, jaringan). Dengan alasan kualitas, suatu aplikasi web akan lebih baik dikembangkan oleh tim dengan anggota yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing.

Web Template dan Sistem Web Template

Anda jangan dibingungkan oleh kedua istilah ini. Web template merupakan bagian dari Sistem Web Template. Sistem Web Template adalah perangkat lunak dan metodologi yang digunakan untuk menghasilkan halaman-halaman web yang membentuk suatu situs web yang akan ditempatkan (diunggah) ke Internet. Contoh dari Sistem Web Template adalah CMS (Content Management Sistem) seperti Drupal, Joomla, dan sebagainya.

Sebuah Sistem web template terdiri dari :

  • Engine Template, komponen pemrosesan utama dari sistem
  • Source Content, sumber data bagi sistem yang dapat berasal dari database relasional, file XML, direktori LDAP, dan jenis data lokal atau jaringan lainnya
  • Source Template, adalah web template yang dibuat dengan berbagai macam bahasa web

Dalam mekanisme kerjanya, source template dan konten akan diproses dan digabungkan oleh mesin template untuk menghasilkan dokumen web secara massal.

Berbagai lembaga dan organisasi akan menggunakan sistem web template untuk memproduksi konten secara massal ketika alternatif produksi lain ternyata mengkonsumsi waktu yang lebih lama sehingga menjadi tidak layak untuk digunakan. Sebagai contoh dari hal ini adalah sebuah situs berita yang bersifat statis yang memiliki halaman-halaman yang statis. Pemilik situs nantinya akan harus menambahkan dan memperbaharui halamannya setiap hari. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mengotomatisasi "pekerjaan berulang-ulang" ini yaitu :

  • menggunakan sistem web template untuk mengelola website
  • mengelompokkan berita yang membutuhkan presentasi berbeda
  • menentukan standar presentasi melalui web template untuk setiap kelompok berita tersebut
  • menentukan sumber konten untuk menghasilkan atau memperbaharui konten setiap item berita

Bagi seorang desainer web, suatu halaman yang dibuat dengan web template dipandang sebagai suatu halaman web yang terstruktur dan bersifat modular dengan komponen yang dapat dimodifikasi secara independen satu sama lain. Komponen ini dapat berupa header, footer, batang navigasi utama, batang navigasi tambahan, dan konten.

Bagi seorang programer web, bahasa template memberikan logika lebih terbatas, hanya untuk menyesuaikan presentasi dan bukan untuk membuat algoritma yang kompleks.

Bagi seorang webmaster, sebuah sistem template akan membuat dia dapat memfokuskan pekerjaan pada pemeliharaan teknis.

Bagi pemasok konten dapat fokus pada ketersediaan konten.

Selain itu, dalam penggunaannya, sistem template memiliki kelebihan berikut :

  • Kemudahan melakukan perubahan desain oleh desainer web tanpa perlu pusing
  • memikirkan infrastrukturnya (logika bisnis)
  • Memudahkan dalam menyeragamkan antarmuka situs
  • Memungkinkan untuk melakukan pekerjaan desain dan koding oleh orang yang berbeda disaat yang bersamaan

Jadi pengertian yang sangat umum dari desain template adalah pola layout dari sebuah website yang ingin didesain dan disiapkan dengan berbagai fitur, content suatu bidang di dalamnya. Kita juga bisa merubah serta mengedit serta mengembangkan kembali dari desain yang di rencanakan.